Ramuan Tradisional : Jahe, Temulawak, Kunyit.

Belakangan ini publik sempat dibuat heboh dengan virus COVID 19, dan beredar kabar bahwa jahe, temulawak dan kunyit dapat menjaga daya tahan tubuh terhadap virus ini.

Presiden Jokowi Minum Jamu Setiap Hari

Jauh sebelum virus ini ada, banyak orang Jawa yang secara rutin meminum ramuan Jahe, Temulawak dan Kunyit setiap hari, bahkan Presiden Jokowi juga melakukan tradisi meminum ramuan kuno ini.

Mari kita bahas khasiat ramuan ini.

Jahe

Jahe

Tidak hanya sebagai bumbu masakan, jahe selama berabad-abad telah digunakan dalam berbagai cara dan diyakini memiliki ragam manfaat. Jahe dapat membantu pencernaan, meredakan mual dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan survey pada penderita osteoartritis, mereka merasakan nyeri yang jauh berkurang saat mengkonsumsi jahe selama 6 minggu.

Kunyit

Kunyit

Secara khusus, kunyit bisa efektif meringankan peradangan, berkontribusi pada kesehatan sendi dan dapat membantu menjaga sendi tetap fleksibel. Ketika dicampur dengan jahe yang mengandung gingerol, bahan aktif dalam jahe dapat meningkatkan efektivitasnya.

Temulawak

Temulawak

Keberadaan senyawa fellandrean menjadikan temulawak terkenal sebagai tanaman obat. Fellandrean ini berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh. Senyawa lain yang dapat ditemukan di rimpang temulawak antara lain turmerol, minyak atsiri, glukosida, foluymetik karbinol dan curcuminoid.

Curcuminoid berguna menetralkan racun, meredakan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol darah dan kadar trigliserida, antibakteri, mencegah sel-sel hati berlemak, dan antioksidan.

Seperti jahe, temulawak juga punya sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi gejala radang sendi atau rematik.

Secara khusus ramuan ini tidak ada kaitanya dengan pengobatan penyakit dari virus korona, namun secara umum ramuan jahe, kunyit dan temulawak terbukti klinis meningkatkan imunitas / daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit termasuk korona. Bahkan jahe dan kunyit memiliki khasiat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Mari kita manfaatkan kekayaan alam Indonesia ini untuk kebaikan, temukan bahan-bahan untuk membuat ramuan tersebut di www.rempahku.co.id.

Source : jawapos dan berbagai sumber lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.