Kumis Kucing : Tanaman Unik yang Berkhasiat

Orthosiphon aristatus yang lebih dikenal sebagai kumis kucing karena bentuknya yang unik menyerupai kumis binatang kucing.

Tanaman ini tumbuh subur di Asia Tenggara, kita dapat dengan mudah menemukan tanaman ini di sekitar kita.

Tanaman Kumis Kucing

Kumis kucing telah dikenal sebagai minuman herbal / obat tradisional oleh masyarakat Indonesia. Pengolahanya pun cukup mudah, dapat direbus maupun diseduh seperti layaknya teh, dapat pula ditambahkan madu / gula batu sebagai pemanis.

Berikut ini beberapa manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi tanaman kumis kucing.

1. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Kumis kucing bermanfaat untuk membersihkan traktat. Sehingga manfaat kumis kucing sangat efektif dalam melawan infeksi. Seseorang yang terkena penyakit ISK atau Infeksi Saluran Kemih biasanya disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing.

2. Mengobati Gangguan Ginjal

Kumis kucing juga populer disebut sebagai tanaman ginjal. Di Pulau Jawa, manfaat kumis kucing telah dikenal luas, salah satunya adalah mengobati gangguan ginjal. Kabarnya kumis kucing dapat menghilangkan batu ginjal hingga berukuran 5 cm.

3. Atasi Rematik

Rematik merupakan penyakit yang menimbulkan rasa sakit ketika otot atau persendian mengalami peradangan atau pembengkakan. Cara mengolah daun kumis kucing sebagai obat cukup mudah.

Langkah pertama, siapkan daun kumis kucing sebanyak 5 lembar dan rebus dengan 3 gelas air. Setelah itu, tuggu sampai dingin dan siap untuk diminum.

Dosis yang dianjurkan adalah minum 3 kali sehari sebanyak setengah gelas setiap minum.

4. Meredakan Batuk

Ternyata khasiat kumis kucing sangat banyak, salah satunya adalah dapat meredakan batuk. Cara mengolah daun kumis kucing untuk meredakan batuknya adalah dengan menyiapkan 15-20 gram ditambah dengan 1 gelas air. Rebus dan airnya diminum 3 kali sehari, dosisnya adalah satu gelas.

5. Mengobati Gusi Bengkak

Ketika seseorang menderita penyakit gusi berdarah, maka dapat diatas dengan berkumur. Sehingga kalau ingin redakan gusi bengkak bisa lebih memudahkan atasi gusi bengkak.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Seseorang dengan diabetes bisa mendapatkan khasiat kumis kucing. Kandungan kumis kucing bisa bermanfaat dan terbukti dapat mengontrol gula darah di dalam tubuh.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan dalam kumis kucing dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Kabarnya, antioksidan yang ada dan zat anti peradangan dalam kumis kucing sangat baik untuk penderita darah tinggi. Zat kimia yang disebut methylripariochromene dapat mengurangi tekanan darah sistolik pada tikus, hal ini kemungkinan besar akan berpengaruh juga terhadap tekanan darah manusia.

8. Mengurangi Gatal Karena Alergi

Ketika tubuh gatal-gatal karena alergi, salah satu cara mengatasinya adalah dengan konsumsi kumis kucing. Cara mengolah kumis kucing bisa dengan cara merebus setengah genggam kumis kucing bersama dengan meniran dan sambiloto. Ditambah dengan 4 gelas air dan 2 jari temulawak lalu rebus sampai mendidih.

Saring ampasnya dan jamu herbal ini bisa diminum sehari dua kali untuk mengurangi gatal akibat alergi.

9. Membantu Proses Detoksifikasi

Manfaat kumis kucing selanjutnya adalah membantu proses detoksifikasi tubuh. Kumis kucing dapat membantu membersihkan racun dari dalam tubuh. Minuman herbal ini juga dapat dipadu dengan bahan rempah lain seperti jahe.

10. Anti Jamur

Kandungan kumis kucing tidak hanya antioksidan, melainkan zat anti jamur yang dapat mencegah parasit dan zat asin lainnya di dalam tubuh. Manfaat kumis kucing ini juga bisa didapat oleh penderita infeksi jamur yang sudah mengalami peradangan.

Namun perlu diingat, wanita hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi tanaman ini. Mengonsumsi kumis kucing dalam jangka waktu panjang dapat mengurangi kadar natrium dalam tubuh.

Kumis kucing kering yang siap pakai dapat dibeli di sini loh.

sc : detik.health