Tips Mengatasi GERD – Penyakit Asam Lambung

Penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease) terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan yang mengakibatkan rasa terbakar di sekitar dada dan kerongkongan dan rasa asam atau pahit di mulut. GERD terjadi karena melemahnya katup yang terdapat di kerongkongan bawah. Idealnya saat tidak menelan makanan, katup akan tertutup rapat sehingga asam lambung tidak naik melalui saluran kerongkongan.

Biasanya gejala GERD diikuti dengan kesulitan menelan, suara serak, mual dan muntah, sakit tenggorokan, gangguan tidur, bau mulut, kerusakan gigi karena asam lambung. Kondisi ini akan bertambah parah saat membungkuk, berbaring dan sehabis makan.

Perubahan gaya hidup dapat dilakukan untuk mengurangi dan menyembuhkan GERD, diantaranya menurunkan berat badan bila berat badan berlebih, tidak merokok, meninggikan kepala saat tidur, tidak berbaring sehabis makan (2-3 jam), menghindari alkohol, susu, makanan pedas, berlemak, dan makanan lain yang dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Bahan Alami untuk Membantu

Mengatasi GERD

Jahe

Mengkonsumsi jahe dapat mengatasi GERD, karena jahe dapat memberikan respon gastroprotektif yang mencegah peningkatan asam lambung. Selain itu, jahe dapat melawan bakteri Helicobacter pylori yang dapat memperparah penyakit asam lambung.

Licorine / Akar Manis

Licorine dapat meredakan gejala asam lambung naik. Licorine dapat memperkuat lapisan mukosa (bagian dalam esofagus) untuk meminimalisir efek iritasi asam lambung.

Teh Chamomile

Bunga chamomile dapat mengurangi stress yang meningkatkan produksi asam lambung. Teh chamomile dapat dikonsumsi dengan mencampurkan bunga chamomile dengan air mendidih selama 45 detik, dapat juga ditambahkan madu sesuai selera.

Bahan – bahan alami tersebut dapat dibeli di rempahku.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.